SD Madani adalah sekolah berwawasan internasional dan menggunakan pengantar bahasa trilingual yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Sekolah ini mulai dirintis sekitar bulan April 2002 oleh Bpk. Taufik S.Ag., Ibu Juniarti dan Ibu Yuyun Ratna Yunani.

Dengan jumlah siswa 32 orang, SD Madani secara resmi mulai melaksanakan aktvitasnya sejak tanggal 1 Juli 2002. Menempati gedung yang disewa, yakni di TPA As-Salaam yang berada di Komplek Masjid As-Salam di Jl. Morse Komp Krakatau Steel dan dengan 4 guru sebagai ujung tombaknya, yaitu Ibu Atun (Kartonah S.Sos.), Pak Arif (Arif Budiman, S.Pd.), Ibu Eka (Eka Setiajuningsih) dan Ibu Amah (Marhamah, S.Sos.), SD Madani berjuang menapaki perjalanannya dalam mewujudkan masyarakat yang madani.

Logo dan Arti :

  • Bahasa Arab Tulisan Madani dengan menyanggah bola dunia artinya Sekolah Madani bercita-cita mewujudkan masyarakat MadaniBaldatun Thoyyibatun Warobbun Ghofur”
  • Padi dan kapas berwarna kuning dan hijau artinya melambangkan kesejahteraan
  • Lima lingkaran atau rantai artinya Persaudaraan Dari Lima Benua.
  • Tiga anak atau orang di atas buku melambangkan Manusia Sebagai Subjek Yang Diwajibkan Untuk Berperan Sebagai Kholifah Diatas Bumi.
  • Buku melambangkan Sumber Dari Segala Ilmu Pengetahuaan.
  • Prisma segi lima melambangkan Dasar Dari Rukun Islam.

Pada awalnya SD Madani ada di bawah Yayasan Panji Siliwangi. Namun dengan alasan berbagai hal, akhirnya SD Madani bergabung dengan Yayasan Banten Visitama sekitar bulan Juni 2003, dengan tetap menerapkan konsep dan metode sebagai mana Madani awal dirintis yakni Active Learning dan menamakan diri sebagai sekolah Inklusi dan kemudian ditambah lagi menjadi sekolah Full Day School.

Dengan kepemimpinanan Bpk Ahmad Juwaeni, S.E., M.M. sebagai Ketua Yayasan, SD Madani selanjutnya memiliki Motto, Sekolah Multi Cerdas, artinya sekolah yang ditujukan bagi siapa saja dalam rangka memfasilitasi berkembangnya berbagai potensi kecerdasan (intelektual, emosional, spiritual, financial, social, dsb) pada anak didik.

Kini, SD madani telah tumbuh menjadi sekolah yang semakin lama tumbuh dan berkembang menjadi besar. Pertumbuhan dan perkembangan itu bisa dilihat dari bertambahnya jumlah siswa, jumlah guru dan jumlah staf. Setelah beberapa bulan bergabung dengan Yayasan Banten Visitama, akhirnya SD Madani memiliki gedung sendiri yaitu di Jl. Madani No. 10 Sambimanis Citangkil.

Kemudian berkembang lagi dengan memiliki lokal baru, dengan alamat Jl. Sutan Syahrir No. 10 Rawa Gondang Citangkil. Akhirnya pada tahun pelajaran 2008-2009 seluruh aktivitas dan personel SD Madani beroperasi disana. Sedangkan lokal Sambimanis digunakan untuk pengembangan SMP Madani Islamic School.

Dalam rentang waktu tahun 2002 hingga 2010, SD Madani mengalami beberapa kali kepemimpinan (Kepala Sekolah), yaitu :

  1. Bpk. Taufik, S.Ag (tahun 2002-2005)
  2. Ibu Sholehajati Fadjartini, S,Tp. (tahun 2005-2007)
  3. Bpk. Danang Triwibowo, S.T. (tahun 2007-2010)
  4. Bpk. Supriyadi, S.Ag. (tahun 2010-sekarang)